Tahun ke-4 di Singapore

Udah nggak kerasa gue udah tahun ke-4 di Singapore. Udah nggak kerasa juga gue udah jomblo lama banget. Jomblo di Negara orang apalagi di Singapore itu nggak enak banget. Disini populasi orang yang pacaran banyak banget. Ini yang bikin gue sedih karena ngeliat orang pacaran itu kayak lo masukin sabun ke mata. Sesuatu yang bikin gue iri karena gue nggak bisa pegang tangan orang, cuma bisa pegang hp. Ya setidaknya ada sesuatu yang bisa gue pegang.

Gue sekarang udah tau seluk-beluk Singapore dibandingin 4 tahun yang lalu waktu gue pertama kalinya sampai Singapore. Gue udah nggak bisa ditipu orang lagi kalo makanan yang gue makan itu babi. Gue sekarang udah lebih pinter dan nggak bakalan ketipu ama kakak gue yang dulu pernah kasih makan gue babi. Tapi jujur, rasa babinya sampe sekarang masih nempel dan rasa ENAKnya itu susah dilupain.

4 tahun di Singapore rasanya bosen banget karena nggak ada tantangan baru disini. Kalo mau naik bis, harus tunggu di halte. Coba kalo naik bis disini bisa kayak di Indonesia, bakalan lebih seru karena kita bisa berhentiin bis-nya seenak jidat kita. Kalo kita mau berhenti, ada bell yang harus kita pencet supaya supir bisnya mau berhenti di halte berikutnya. Coba lo bayangin, kalo kita bisa teriak, “Bang Bang, Left Please” pakai logat jawa, kayaknya bakal awkward banget. Bisa nggak sih lo bayangin ngeliat bis yang harusnya lo naikin ternyata udah lewat halte, itu rasanya kayak lo hampir berhasil jadian ama gebetan lo tapi ternyata udah jadi pacarnya orang lain. Di Singapore, kita ada aplikasi untuk tahu kapan bis yang kita naikin bakalan dating. Tapi ini aplikasi sukanya nge-PHP-in orang. Tulisannya sih kita cuma nunggu sekitar 5 menit aja, tapi kenyataannya gue pernah nunggu sampai 30 menit. Udah di PHP-in sama cewek, sekarang di PHP-in sama bis. Kenyataan yang pahit banget.

Masih bicara tentang transportasi di Singapore, gue jadi inget pengalaman waktu gue naik MRT. Gue jarang banget naik MRT karena lebih mahal daripada naik bis. Lumayan kan gue bisa nabung sedikit-sedikit untuk calon pacar masa depan gue. Jadi gue bisa kasih tau ke doi setiap gue traktir akan perjuangan gue untuk traktir doi.

Waktu gue di MRT, gue ngeliat cewek manis banget sama nyokapnya lagi duduk bersebelahan. Kenapa gue bisa tau kalo itu nyokapnya? Ya, gue nguping pembicaraan mereka. Gue paling seneng nguping pembicaraan cewek manis karena enak di denger. Kebiasaan ini memang aneh banget, tapi lebih baik daripada dengerin pembicaraan kuntilanak yang lagi nongkrong di atas pohon.
Gue seneng banget waktu tau gue bakalan turun di stasiun yang sama. Lumayan lah bisa ngeliatin doi lebih lama. Stasiun orchard dimana kita bakalan turun. Akhirnya sampai juga di stasiun Orchard dan gue nungguin doi untuk turun dulu karena gue pengen ikutin doi dari belakang. Tapi segalanya berubah waktu kita mau keluar.

“Makkkk!! Iki pie carane keluar. Kartuku kayake ketinggalan di kereto”, teriak itu cewek manis dengan logat jawa yang lebih kental dari gue.

“Bocah gemblung, nek ketinggalan pie carane meh metu”, timpal balik sang ibu yang ternyata logat jawanya lebih kental lagi.

Nggak tau gue lagi apes atau beruntung, mereka berdua ngeliatin gue. Kayak anak bayi yang minta tolong untuk digantiin popok yang udah penuh tokai menempel di pantatnya.  Nggak tau kenapa akhirnya mereka putusin untuk tanya ke gue. Mungkin gara-gara wajah gue yang jawa banget ini.

“Bang, bang, kartu anak saya ketinggalan di MRT. Ini gimana ya bang? Apa kita bisa keluar ini bang?” Tanya si ibu dengan khawatir.

“Saya nggak tahu bu, saya bukan petugas disini. Coba tanya sama petugasnya aja di konter”, jawab gue dengan sangat sopan, sesopan kalo gue ngomong ama calon mertua.

“Ohh maaf bang, saya kira tadi abang petugas MRT disini”, kata si ibu tanpa berdosa.

Gue nggak ngerti harus marah atau gimana. Mungkin gara-gara baju yang gue pakai waktu itu warnanya sama kayak yang dipakai sama petugas MRTnya. Mungkin gara-gara muka gue yang kelihatan dewasa alias TUA alias boros muka yang ngebuat mereka kira gue ini petugas MRT. Udah galau gara-gara nggak punya cewek untuk digandeng tangannya, ini malah ditambah-tambahin sama mereka. Untungnya anak si ibu yang manis itu ngebuat gue ngebatalin untuk ngelempar si ibu sama kacang pilus yang ada di tas gue waktu itu.

Tahun ke-4 di Singapore, pengalaman-pengalaman menyenangkan dan menyakitkan banyak banget gue alamin disini. Tapi gue lebih ngerasain pengalaman yang menyakitkan apalagi yang menyakitkan hati gue. Hati gue ini serapuh kerupuk udang yang sekalinya di gigit langsung,"Kresszzz". Udah ada beberapa cewek yang dikenalin temen ke gue. Tapi nggak tau kenapa selalu aja gagal total, berhasil dikit pun nggak.

"Kamu terlalu baik untuk aku"

"Kita temenan aja ya"

"Aku mau fokus sama sekolah aku dulu"

"Orang tua aku belom ngebolehin pacaran"

Ini jawaban jawaban mainstrean yang sering gue dapat kalo ngedeketin orang. Gimana nggak sakit hati gue, ceweknya beda-beda tapi jawabannya sama semua. Gue pengen banget demo ke cewek-cewek di dunia, supaya kalo nolak cowok jawabannya nggak sama semua. Stress kita sebagai bangsa cowok jomblo yang dapetin jawaban yang sama mulu. Coba lo bayangin, gue udah cari cewek dari segala bentuk dan jenis, dari yang orang Indonesia sampai Vietnam. Gue belom berani cari cewek yang lebih jauh dari itu. Gue takut kalo waktu lebaran nggak bisa mudik ke kampung halaman gue di Solo. Mau nggak mau juga gue harus ke kampung halaman doi yang dimana gue harus ngeluarin uang banyak, udah gembel kayak gini harus ngeluarin uang lebih banyak lagi? ohhh tidak bisa.

Banyak temen gue yang tanya kenapa gue nggak fokus cari cewek Indonesia aja. Gue udah pernah, tapi gagal total. Nggak ada sama sekali cewek Indonesia yang mau sama gue. Bisa nggak lo bayangin penderitaan gue sebagai jomblo yang hina ini? sedih bro. Coba lo bayangin berapa banyak populasi cewek di Indonesia, ada banyak banget sampai-sampai ada yang bisa poligami atau nggak nikah-cerai berulang-ulang. Tapi, sedangkan  gue, satu pun aja nggak ada yang mau nempel sama gue. Gue nggak tau apa yang salah dari gue. Bau badan nggak. Bau kaki juga nggak. Mungkin gara-gara tampang muka gue yang ‘ndeso’ ini yang buat cewek-cewek nggak mau sama gue. Emang apa salahnya sih punya cowok tampang ‘ndeso’? Sekali-kali anti-mainstream gitu kek, udah nggak jamannya pacaran sama cowok yang cakep ataupun ganteng. Sekali-kali dicoba dong pacaran sama yang muka ‘ndeso’, jadi setidaknya punya pengalaman.

Mungkin kalo di Indonesia, apalagi di Solo, muka gue ini bukan muka ‘ndeso’. Ini karena orang Solo memang dilahirkan seperti ini kecuali orang-orang yang memang dilahirkan super ganteng. Tapi, ketika gue bawa ini muka ke Singapore, ampun dah. Gue ngerasa muka gue yang paling unik sendiri karena ke’ndeso’annya. Terkadang gue sebel sama bokap gue. Tau nggak kenapa? Karena ada satu kalimat yang diucapkan bokap gue

“Meskipun wajah 'ndeso' otak saya internasional”, adalah salah satu kalimat yang pernah diucapkan sam bokap gue.

Itu kalimat yang diucapkan sama bokap gue. Memang bagus sih untuk ngasih tau kalo wajah itu bukan menjadi patokan seberapa pintar atau kepandaian seseorang. Gue memang ngaku kalo wajah bokap itu ‘ndeso’ tapi yang jangan nularin ke-anaknya juga dong. Mungkin kalo dulu wajah ‘ndeso’ masih banyak orang yang suka, contohnya nyokap gue yang nikahin bokap. Tapi sekarang jaman udah beda. Selera cewek pun udah berganti. Jadi, gue disini nggak dapat keuntungan sama sekali. Tapi, bokap gue pernah bilang

“Semua yang diberi oleh Allah harus disyukuri”

Mungkin beberapa tahun kemudian, selera cewek ganti lagi. Mungkin nanti cewek suka akan wajah ‘ndeso’. Tapi gue nggak tau harus nunggu sampe kapan. Mungkin gue harus nunggu sampai gue lumutan.

Selama 4 tahun di Singapore, ada temen yang datang dan pergi. Sebagian mereka yang pergi, mereka merantau lebih jauh lagi kayak ke US, UK atau nggak Japan. Kalo temen-temen yang baru gue kenal 2 tahun belakangan ini, mereka itu pada gila-gila dan salah satu mereka galau gara-gara di kacangin, sebut saja namanya sotong. Akhirnya gue punya temen sepergalauan yang dimana kita kompak akan kegalauan kita. Gue pernah ditolak cewek, dia pernah dikacangin cewek. Walaupun nasib kita beda, tapi tema galau kita hampir sama.

Tapi buat gue, ditolak itu lebih enak daripada dikacangin cewek. Kalo lo ditolak, setidaknya lo diberi kepastian sama itu cewek. Tapi, kalo lo dikacangin sama cewek, lo kayak digantungin sama dia karena lo nggak tau sebenarnya itu cewek jijik atau nggak suka sama lo. Pada akhirnya, ditolak maupun dikacangin itu sama-sama nggak enak. Itu karena pada akhirnya kita galau juga.
Setelah galau bertahun-tahun di Singapore, gue nggak pernah sama sekali dipanggil sama KBRI (Kedutaan Besar Republik Indoneis) Singapore. Gue berharap mereka manggil gue untuk jadi Duta Galau untuk Indonesia. Lumayankan bisa ngemanfaatin kegalauan tambah uang jajan gue karena nyokap selalu ngasih uang jajan yang tipis.

“Uang jajan itu jangan banyak-banyak, biar kamu tau rasanya sengsara di negeri orang”, kata nyokap gue.

Tapi gue selalu punya balasan yang bikin nyokap gue kasian sama gue.

“Tapi bu, masa aku udah galau di negeri orang, disuruh sengsara juga”, balas gue.

“Ya nggak apa-apa, sepaket aja sekalian. Lagian kalo kamu galau malah lebih hemat uang. Paling kamu cuma maen laptop di rumah. Kalo gitu, berarti uang jajanmu dikurangin aja ya?”, balas nyokap gue dengan entusias.

Gue udah nggak bisa balas apa-apa lagi. Gue merasa kalo gue di skak mat sama nyokap gue. Ternyata, rumor kalo anak kalah debat sama nyokapnya itu memang benar.

210 Comments:

  1. Mamon said...
    postingan kampret!!! keep posting bro
    Anonymous said...
    jangan self pity, mas bro. semangat.
    farakh nasida said...
    Rajin-rajin ngepost, Mas. Udah populer tuh. :D
    tania wijayanti said...
    SEPENDERITAAN.
    Tos dulu, suhu !
    Maria Fransisca said...
    Mas, boleh pesan tema nggak ? Misalnya : perbandingan cewe / warga asli / pariwisata / sekolah, dll antara kota asal dan yang sekarang. Biar mengurangi galau. :)
    Nikmatun Aliyah Salsabila said...
    Haha. Ceritain lg yg lebih banyak selama di singapura dong kak. biar tau :p siapatau bisa lanjut studi di sana muehehehe.
    Ini pas bgt lg ngubek ngubek blog ini eh ada postingan baru.
    awanragil said...
    Buahahaa kocaakkk... keep post masseee
    Lynn said...
    "...jawab gue dengan sangat sopan, sesopan kalo gue ngomong ama calon mertua."

    belom punya pacar gimana cara bisa ngomong sama camer toh, mas? :))

    keep posting, seneng dengan cara bertuturmu. :D
    Ayu Insafi said...
    Duta Galau Indonesia for Singapore :))
    Doni Jaelani said...
    percakapan yang disangka petugas MRT emang kocak banget, kampreet :)
    mukti amsyari said...
    Keep posting mas..di tunggu postingan selanjutnya..
    Fredrik Moeladi said...
    Ternyata udah banyak fans ceweqnya tuh hehehe..
    Lumayan mengurangi galau khan..
    Main ke Batam aja kalau weekend mengurangi galau hehehee..
    Wildan Noegraha said...
    Mase pilihin yg cakep dari komen blog ini aja huehehe banyak tuh fansnya good luck
    kiowa cakio said...
    Hahaaaaaa kocak abis
    Miftaahul Jannah said...
    Wahahah wtf lol,

    Dude, your face really cute. Hahhaa, mungkin emang belum ada aja cewek yang tepat buat lo. Ya, yang bisa nerima lo apa adanya. Tenang, perjalanan masih panjang.

    Keep your head up!

    Cheers!
    permainan jari said...
    ance ah. bahasa anak Gaul yang ngga alay.
    Golden Lollipop said...
    Yah mas sampeyan nelongso tenan mas. Sini sampeyan tak peluk mas. ~_~
    superdhruva said...
    Nyahahaha, itu yang di MRT kalo divisualisasikan kayaknya lucu :))
    danny kurniawan said...
    hahahahahaa........semangat mas udah galau di suruh sengsara juga......hehheehe
    Vzaer Grutio said...
    pdhal dulu pas SMP mukamu dibilang mirip afgan n banyak yg suka ya mas.. beda negara beda standar wkwkwk
    Susanti Gunawan said...
    mas
    tetap semangat selesaikan studi
    Dwi Kresnoadii said...
    Gila. Pertama buka masih tujuh yang komen, pas direfresh langsung 21. \:D/
    Baru pertama nih main di sini. Salam kenal ya Kaesang. Gue Adi. Tulisannya jujur banget. :))
    Maz Ayix said...
    enak d baca...ngalir... :-) joss
    DASmania Cool said...
    Jan tenan sampean iku ndeso mas ... Natural Design but Original ... like your writing ... ;) ... semoga cepet dapat jodoh ... saran : cari yang ndeso2 asli Indo aja mas, biar gak pusing2 mudik ... cheers & keep writing bro
    Ario smart said...
    Mantab...
    Hati2 bro ama muka ndeso nya, klo bsa d paten kan dulu biar nnti ngga d claim sama negara lain.... :D
    Semoga cepet dapat jodoh.. amin
    erwin trihandoko said...
    Hahahahahaha..... nice post bro. Posting lebaran di solo kemarin donk. Ada yg lucu gak?
    Hendika Damayanti said...
    Dari postingan alit di twitter barusan aku jadi tau kalo kamu punya blog. hehe, tulisanmu rapi mas. Tetep nulis yo! :')
    vera nudiya said...
    Sumpah ini lucu bgt.. Tulisannya natural gk dibuat2, kata2 nya jg kata2 anak jmn sekarang dan itu yg membuat postingnmu enak dibaca dan gk bosenin. Tp harus ttp bangga dong sama wajah mu kan itu pemberian Allah. Bener kata bapakmu mas.. Wajah ndeso tp otak harus internasional. Bangga lah punya bapak seperti pak jokowi mass
    anitaikan said...
    jadi disana ada orang medok juga tho.. XD
    Semoga cepet dapat jodoh.. aamiin
    Pangeran Top1 said...
    Salam kenal buat dik Kaesang. Tetap Semangat nulis yah, ane yakin ente bentar lagi bakal terkenal di dunia maya buktinya banyak tuh komentar dari cewe2 hehe
    Suka Suka Gue said...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    Hadiana Nargis said...
    ngefans berat sama pak jokowi :)
    alovers yesyurun said...
    postingannya keren,apa adanya,,,salam kenal kaesang *yanti*:)
    tiska andita said...
    Kalo boleh tau jomblonya berapa tahun ya mas kacang? Eh kaesang maksdnya ahah. Aku jomblo juga udah lama bgt sampe frustasi, udah mau 3 tahun *curhat*. Jomblo itu bener2 gaenak bgt, apalagi kalo jomblonya takdir bukan pilihan..
    My Blog........ said...
    lucu gan... sumpah gua ngakak =)) =))
    Dewi Retna Dita said...
    Terus nulis mas Kaesang.....aku baca tulisanmu nyengir-nyengir sendiri, seenggaknya dulu pernah ngerasain jomblo tulen juga pas masa-masa sekolah (tuirr banget gw ya kesannya haha) sebelum akhirnya nemuin jodoh yang udah dikasih ma Tuhan hehe. aku yakin jodohmu juga sudah dipersiapkan-Nya dengan baik. semangaadd :D
    Annisa Mardhiyah Rahmadani said...
    keren bang blognyaaaa !!!
    riverflow said...
    numpang baca2 ya, mas. blognya keren. main2 ke blogku juga ya, mas.. :-)
    Syeni Budiman said...
    GREAT... bisa jdi penulis nh Dek Kaesang aka Mr Kacang.
    Inget lhow GALAU itu GOD Always Listening And Understanding... pasti nanti juga bisa dpet pacar yg bisa dgandeng....
    SEMANGAT !!!
    Afrizal Dwi Rahman said...
    Anjir lucu + keren ini :))
    kalo ada waktu main-main ke blog ane juga bro :))
    Arina Papita Simanungkalit said...
    Aaaa kaesang I ngepens ama kamuu
    Moses Daniel Elijah said...
    Halo, Kaesang... umur lo brp sih? Gw umur 22 dan bernasib sama nih ama lo, jomblo karatan hahaha... tp lo enak punya modal badan keren, nah perut gw buncit gini :'(

    Keep posting bro, salam kenal. Salam buat Bapakmu :)
    adi shermina said...
    Mas bro keep posting ...
    Gua ga mau ngebayangin ... karena posisi sekarang aja gw lagi dikacangin ..hhh
    G'ote said...
    Aku rapopo,,
    Haha... semangat bro
    Dwi Reny Wulandari said...
    Ngenes banget mas, tapi bikin ngakak :v
    RiNo ROni ROno REne said...
    di singapur ada ROTi canai ndak mas wkwkwk
    pramitha said...
    Kari pop krispy
    Woodland ring rood
    A I R A said...
    Somplaaak hahaha
    listyowati hasanah said...
    Keren mas, salam kenal ya mas kaesang . Mampir ke blog ku juga ya :p
    Yuumaiko Syifa said...
    Galau abiez
    indri lee said...
    Wah blog orang gila lain yg harus g bookmark nih.. Salam kenal dulu mas kacang, roro jonggrang bangun candi, si mas kacang pasti jarang mandi
    Santi Dewi said...
    boleh numpang ngakak disini? bhuahahaha....
    Kalo gitu, cari org Solo aja, lebih lembut dan keibuan :D
    Semoga cepat dapet jodoh ya... hehehe....
    darkasi messi said...
    anjiiirrr ngakak gua... sering-sering aja posting yg beginian mr.kacang buat obat stress para jombloers kaya gua
    Rina Rezky said...
    Keyennn...
    Muhammad Februriyanto said...
    Wah masuk liputan6, bakal populer nih <3

    Nitip backlink awkakakwakwkwkwk
    Melisa Muhdadi said...
    Buahahahah ngakak bacanya senasib sma gw hahaha

    Dibawa fun ja bro heheh
    juli ani said...
    Koplak buanget mas bro...
    Pagli's Pagol said...
    Bro. Singapore nta dmn?
    Valent Sumule said...
    Haddoohhhh sakit perut gw nehhh...kampretooo kocak abizzz.... :-bd
    Adhi said...
    salam sesama orang Solo cuman gue tidak jomblo lagi
    Klemensia Yanis said...
    Postingan nya Oke kok.. Sayangnya gk terlalu aktif yah.. ayooo sering2 posting.. siapa tau karya nya nambah bsa bikin buku :D
    delia said...
    terus lah berkarya ..... wahai adikq
    Vadhalna Zulkarnaen said...
    Kalau galau mending ke batam deh . Ikut saya sama temen tak temenin keliling batam. Tapi ala ndeso? Soalnya cuman punya motor...wiwiwi

    Keep posting.
    Azra Dilara said...
    Ijin share ke FB yo mas...
    Menarik tur menghibur...
    reysha az-zahra said...
    Seru juga baca bacanya ..ngakak abiz ...hahaha
    Krismiasakti Dyah Anggraini said...
    Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. I think it's good writting,
    Just go on and go on! "write when you wanna write"
    That's my ordinary comment, thank you..Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Inggrid Darmawati said...
    udah 4 taon berarti dah mo lulus ya? tenang mas, abis ni bakal banyak cewe yang ngantri buat jadi pacar, harap diseleksi dengan baik2
    Sandy Eggi said...
    Salam kenal. Selamat sudah 4 tahun di Singapura. Pasti sudah sangat terbiasa tinggal di sana. Orang2 di Jepang seneng banget dengan Singapura. Setelah Bali tentunya :D

    Tetap semangat dan tetap menulis pengalaman lucu di Singapura~
    dani setyawan said...
    Asu... :D
    Manteb bos tulisanmu hahahahahaa...
    Nek mulih solo kabar2 yo ;)
    Fatrisya Ariani said...
    sumpah ngakak bacanya, sabar ya mblo *jleb*
    Namae wa kawaii desu said...
    Hahahha
    Ngakak bacanya..
    kerennn dehh pokoknya ��
    .:nien:. said...
    Udah lama ga ada blog nya ngalir gini dongengnya (tur rodo edan)
    #ngakakjaran
    Yuni Reknawati said...
    Lucu gemesin post e
    Yuni Reknawati said...
    Riverflow..untuk cri kwan dblog gmna yo???
    madeleine putri said...
    salam kenal kak kaesang . tulisannya bagus . udah baca semua . sering-sering nge post ya . maju terus buat om jokowi ! aku ngefans banget sama bapak .
    yudi s said...
    Keren om...
    Fatimah Kusuma said...
    koyok'e mukaku ndeso i mas. wes cocok wes yaaaa. cedha' og. aku ngawi, sampeyan solo. 2 jam to' lho.
    sharon fransisca said...
    Baca cerita2nya lucu dan menghibur banget..ceritakan lbh banyak lagii!! Di tunggu posting selanjutnya
    Siti Lutfi Amaliyah said...
    hai duta galau :D lol
    Sindia Alvianita Dewi said...
    wah reinkarnasi kak raditya dika inimah si mamas kaesang :*
    postingannya bikin ketawa di ruangan sendirian gua ini . hahaha
    hentaifield said...
    Maria Antonia said...
    nanti kalo udah ga jomblo lagi, tulis2 ya gimana rasanya stlh ga jomblo hehhe.... very nice writing.
    kiowa cakio said...
    Weks,,,sebanyak ini dah yg komen ?? Lanjutkan dik Kacang. Ceep calm like u'r Papa ya,,,
    PIERE BARUTU said...
    Jualan kacang rebus aja di MRT atau di Marina Bay di jamin banyak yang mau....hahahaha Merdeka!
    indah indah said...
    Mas i like ceritanya lucu cuma kalimatnya ada yg kasar2 ganti dunk ya kyk anjing krn papahnya khan dah jd sorotan umat seluruh dunia pasti byk yg protes apalgi haters bakalan jd bahan kritikan buat papahnya
    Noveria Wowiling said...
    Sumpah,perut gw skt bngt
    Sineas Muda said...
    Hi kak, semoga comment aku via email - FB and letter bisa menginspirasi kakak untuk semakin giat nulis. Ditunggu replynya ya kak. Thanks before, Naphtali Ivan - Sineas Muda Indonesia.
    yerie haryadi said...
    ya ampuuun,the next raditya dika..keren...!"
    Endang binti paijo said...
    kereen mas bro
    ana fauzanah said...
    Nice mas bro
    I Gusti Ayu Ratna Puspita Ningrum said...
    Keep low profile nggih mas... ;)
    marta debora said...
    Seharusnya kaesan bangga mempunyai ayah yg hebat...kalo menurut w sih harus percaya diri jangan malah menjelekan diri sendiri...jadilah jati dirimu sendiri.....kalo kaesang nanti sukses jangankan 1 org 100 org mgkn akan ngantri....who people know?
    ully anawati said...
    mz kaesang, it galau udh akut banget, coba dbwa ke dokter hati dan percintaan :D
    sapa tau kadar galaunya bisa berkurang..
    tpi sumpah, in blog bikin ak gk stress dikantor karna kerjaan, tp yg ad ak dibilang gila karna ngetawain monitor yg kagak bsa ngomong sama sekali..
    four thumb buat mz kaesang, included foot thumb
    hahahaahaa
    Diary's said...
    Kayaknya hidupmu ngenes bgt.. Seng sabar y,,
    Via Sari said...
    lucu2 ceritanya hhhh terusin dunk nulisnya.....btw msh d singapore yah
    anita fatmawati said...
    Asik kata2nya opo onone gak jaim,jarang2 anak muda jaman skrg,pantesan unik,hehehe
    Shin Heechan said...
    sumpah kaget pas tau ini blog anakny pak Jokowi-_- pas lagi cari cari info tentang gimana sekolah di Singapore eh nemu blog ini ayo dong mas cerita lebih tentang Singapore dikasih foto foto juga kalo boleh huehuehue minat lanjutin studi disana nih
    Rizky Ade said...
    Lucu banget postingan anak pak presidenku ini hahaha
    isma a.k.a awank said...
    NATURAL

    ojo maleh dadi kaku yen nulis maneh nggih!

    Mas Fiyan said...
    nulis aja gan , visit my blog gan..
    Mas Fiyan
    Jasa Adsense
    Trik Mengoptimalkan Adsense
    Satrio Elang said...
    echy's world said...
    jadi moodbster deh baca ini:D
    dan ada kejadian yang gue alamin juga mas kaesang u,u
    jadi ngerasa punya temen baru yang single ehh jomblo juga *loh* hehe
    Ayiss Joss said...
    "Mungkin kalo dulu wajah ‘ndeso’ masih banyak orang yang suka, contohnya nyokap gue yang nikahin bokap" aku suka banget critamu..jujur apa adanya..wkwkwk
    Stephanie Ardelia said...
    hahaha so funny!
    mas endhar said...
    ndak usah GALAU mas ... saya dulu juga JOMBLO ACCUT ... alhamdullilah sekarang dapat ISTRI yang NGGA HANYA CANTIK tapi juga SHOLEHAH .. yang penting perbanyak IKHTIAR ...
    liandra irvansyah said...
    gimana klu ama gue aja dek? anak 1 cucu 3 siap digandeng kemana2 nich.buahahaha...........
    Michelle Chang said...
    tulisannya apa adanya bgt. sama kyk bapaknya :)
    cipto pangeran said...
    Cikal bakal raditya dika nih... Lanjutkan brooo..
    cipto pangeran said...
    Ane suka bahasanya yg tidak terlalu formal.. �� Keep as* dan anj*ng bro ✌✌
    Maria Umran said...
    Kaesang Pangarep itu artinya apa ya? Trus kenapa desperado sekali jadi jomblo? :p
    Melin Shn said...
    Lucu bang :D
    Gina Rochima said...
    Hahaha
    Susanne Rozel said...
    Hahahaha kyknya bakal ngakak nih kl dgr audio nya dlm logat jawa : bang bang, left please..
    anyway kl dlm teori ekonomi brg yg cepet laku itu adalah brg murah.. berbangga hati laa hai sang jomblo itu artinya jomblowers adalah brg mahal...

    salam jomblo..
    Parvita said...
    Mari bergabung di HQJ: High Quality Jomblo.
    Annisa Putri Meidina said...
    Perasaan muka lo nggak ndeso deh-_-
    Ngangsu Kawruh said...
    Renyah ceritanya..enak untuk dinikmati..terus berkarya yaa..
    Yanti Ahdyanti said...
    Mudah2n bisa di terbitkan jadi buku ni blog, soalnya menarik dan enak bacanya
    toyibah ramadhan said...
    Keren banget, lucu
    Reza Fahlevi said...
    kocak nih "Gue memang ngaku kalo wajah bokap itu ‘ndeso’ tapi yang jangan nularin ke-anaknya juga dong." hahahha
    Ruth Ernawati said...
    Awesome :)
    desy puji lestari said...
    hehehe..kocakk juga
    anisa nazmi said...
    Daya Hayalnya cukup bagus ( Lanjutkan Mas Bro) w tunggu cerita'' hayalan u selanjutnya
    Reny Tarigan said...
    abang kok ceritnya ada unsur jomblo sih,,,, macam gak laku aja,,, masa sih orng trkenal gak laku
    dedee said...
    memang harus belajar prihatin Sang....betul itu mamamu, nich anak saya juga

    http://www.radioaustralia.net.au/chinese/2014-04-15/living-in-students-quarter/1296064
    Marthen Mart said...
    kocak bosss...!!!!
    destika sarie said...
    Lucu lucu.
    Afrina Khairunnisa said...
    jangan galau galau ya mas, semoga dapat cewek hehehe
    Agus Setiawan said...
    wis wayahe,' wajah ndeso' move on......
    Dyah Pitaloka said...
    Would love to meet you in Singapore :) sama-sama anak ndeso di Singapore...hehe...Saya baru mulai mengajar di NUS. Sukses dengan studinya...
    lee irma said...
    oke mr...mr... loe udah punyak fans nihhh ehhh cieee abis ini nggak jomblo lagi nggak galau lagi ntar postingannya tentang cinta...cinta..an tapi gue lebih seneng dengan postingan yang ngebawa'in tingkat kebanyolan loe wkwkwkwkkw keep writing trus ye...biar gua ada bacaan ckckkck
    lie soraya said...
    Pake power glue bro biar lengket selengket2nya...wkwkwkwkkkkk
    dede said...
    kirain udah mogok nulis..., lanjottttttt
    Chandra S. Kusuma said...
    keren juga isi postingan blog lo gan, mampir juga ya ke blog ane chandstwn.blogspot.com
    Budi Jokodi said...
    Cara Menghasilkan Uang Di Twitter
    Cukup daftar dan join di http://klik.web.id/af6fz
    Setiap tanggal tanggal 15 di setiap bulannya mendapatkan
    pembayaran.
    Minimum transfer Bank BCA Rp. 10000
    Minimum transfer Bank lain Rp. 50000
    Cara baru mencari uang lewat Twitter.
    ZULTHINK.NET said...
    cerpenya menarik semua.....
    Anisa Balqis said...
    Mas kamu jadi presiden galau aja. Huahha
    Ameer said...
    bakat nulis ente bray...bakal jadi blogger kondang nih .keep posting !!! :)
    Santri Setres said...
    Wah, tulisan sampean bagus mas, enggak nyangka anak preseden masih galau juga, hidup itu memang sawang sinawang.. heheh
    Peace, salam mas buat Bapak, saya kemaren nyoblos beliau lho... :D
    dentistvschef said...
    At least gua dapet pointnya, DAGING BABI ITU ANAK WOI, hahaha
    wiwik putri said...
    Skrg pasti bnyak yang mau kok gan, kan udah jd anak presiden, www.hokihokishop.com
    Ai Diana said...
    hahaha, ngakak baca postingan lo. Serius sekarang mungkin cewek2 yang nolak lo pada nyesel deh. ciyus, nolak anak presiden gitu :D
    Keep posting dik bro
    Dan tetaplah seperti ini jangan berubah (y)
    Admin said...
    Wahahaha... yang soal debatmu sama nyokap itu lho.. Inspiratif banget buat bahan debat para orang tua sama anaknya yang ngebet minta naik uang saku..

    Blog Rumah Pakuya
    Rama Pramana said...
    tulisan bagus bro, ngocol dan nggak ngebosenin kalo dibaca hahha
    www.miniaturesupplier.com
    Ririnnm said...
    @kaesang tau gak kenapa, gak ada cewek yang mau dekat ama kaesang? krna body kaesang itu mirip preman pasar :D

    *maaf yahhh sang, just kidding*
    nuning nu'man said...
    "Uang jajan itu jangan banyak-banyak, biar kamu tau rasanya sengsara di negeri orang”, kata nyokap gue.

    Tapi gue selalu punya balasan yang bikin nyokap gue kasian sama gue.

    “Tapi bu, masa aku udah galau di negeri orang, disuruh sengsara juga”, balas gue.

    “Ya nggak apa-apa, sepaket aja sekalian. Lagian kalo kamu galau malah lebih hemat uang. Paling kamu cuma maen laptop di rumah. Kalo gitu, berarti uang jajanmu dikurangin aja ya?”, balas nyokap gue dengan entusias.

    Suka banget cerita pas bagian itu... jd ngebayangin ternyata bapak, ibu sm anak sama ajh.... sama" ngocol... hahaaa salam buat ibu yaaa... keep posting
    Zel Afriadi said...
    jones jugak lu tong,,, hahaha. lu jones ada alasannya, karena tampang lu "ndeso". laaah gue, ganteng-ganteng jones,,, mau ngomong apa gue. btw, keep posting bro,,, kalau ada waktu boleh deh mampir deh ke blog gue <a href="http://afriadiiblog.blogspot.com> Afriadi BLog </a>
    Zel Afriadi said...
    jones jugak lu tong,,, hahaha. lu jones ada alasannya, karena tampang lu "ndeso". laaah gue, ganteng-ganteng jones,,, mau ngomong apa gue. btw, keep posting bro,,, kalau ada waktu boleh deh mampir deh ke blog gue Afriadi BLog
    . said...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    . said...
    dear mr kacang ...eh kaesang...
    sehubungan dengan adanya kesamaan dan ketidaksamaan dalam satu hal serta lain halnya...:D maka: http://mister-kacang.blogspot.com/ coba dicek mas bro...:D
    admin said...
    tambah ngetop aja ni kak, smangat trus buat ngeblog nya..
    kartika sari said...
    mas kaesang klo abis gini banyak cewek2 yg antri ati2,, mungkin mereka mau karena bapak sampeyan presiden,, hahahaha..

    yg dlu2 nolak bakal kecewa sekarang.. haha
    Syifa Smile's Blog said...
    I like your Blog....
    keep writin gand sharing Kaesang !!!
    Zsa Zsa Ryana said...
    bagus ceritanya :D tapi gapapa toh jomblo toh ga ngerendahin harga diri juga. Malah kamu bisa ambil positifnya. Pasti kamu ada jodohnya kok. ga usah dipaksain, Indah pada waktunya aja :D
    Uli sw said...
    Dear kaesang: nanti kalau lagi milih atau nyari wanita, jangan pilih wanita yang mau sama kamu karna sudah menjadi anaknya presiden, pilih lah wanita yang benar benar tulus mencintai mu :)
    Atang blb said...
    Tuker pososisi yuk bro. aku pengen dong jadi anak nya orang kaya.
    capek aku ngangon kebo tiap hari. kalo balik ke jakarta mampir kebatam lah bro.

    semes ya no orang yang pengen ngerasain jadi anak orang kaya neh 081991023422
    AGUSTIA NINGSY said...
    dibawak enjoy santai pasti aja kak. kan kata orang jodoh udh ada yang Ngatur :D
    Yunie Za said...
    Ngakak baca nya, sabar ya kak kaesang,,
    Yoga Utomo said...
    Keren dab ...
    Alurnya ngalir banget . kerasa banget sentuhan ori ini postingan .
    Keep writing mase ....
    Riza Savina said...
    mbois mas tulisanmu, keep writing yoo
    Ferra said...
    The ugly truth of living in S'pore, I know how u feel haha!
    Can't stop laughing while reading it
    Rias Indah Purwatiningsih said...
    wkwkwkkwkwkwkw, Penggantinya Raditya Dika kkkwkwkkw
    Siska wati adhitama said...
    GUBRAAKKkkkk....!!!
    Gkgkgkgk sungguh terlalu ��
    liataja said...
    Hah.. :O.. pernah makan babi? ditipu abangnya? WAKKS..ngeri amat ya
    nuri susanti said...
    gak tau kenapa semua tulisan lo bikin gue cengar cengir di angkot... *sorry ga bisa panggil mas, brondong wkkw
    Ani Mariani said...
    Wah apik mas....
    E. Nugroho said...
    For Kaesang: you probably can make a decent living out of this without having to follow the (bad) examples of your predecessors... Go for it.
    Evianikha chylangieth said...
    Hahah
    sumpah ngakak abiz
    Sependeritaan ni mas
    :D
    Yudi Harianto said...
    wkwkwkw.. sadieesszzzz...

    kampret banget ini postingan..

    hahaha
    budi setiawan said...
    kampreto
    Returning Teacher said...
    Gaya nulisnya asik, keep up the good work and be yourself ya.
    azilah mat kasim said...
    seriously..you eat pork..means babi,right..adakah islam di indonesia dibenarkan memakan babi?i'm confused..
    dian apsari said...
    Keren" ..
    Sumpah asyikk bgt ceritanya
    Sehat Ala Blakblakan said...
    lucu....tp jangan diingat rasa babinya dong
    Stephanie Halim said...
    @Azilah, he was "framed" to eat pork, not eating intentionally. i think u know islam's law about this.

    Dan, tulisan nya bagus. keep writing!
    ni luh bungahing ati said...
    Keren ihh
    Bacanya bikin ketawa sendiri ����
    Dessy Delphinia said...
    wakakaka..... maen maen ke Bedook doong.... ntar tak kenalin sama temennya anakku.... LOL
    pamuji said...
    Postinganmu garai ngakak mas.
    FADJAR STEMPEL said...
    Ha ha ha, ngekek disek nda
    BSW Gramedia said...
    keren banget!

    www.bswgramedia.com
    Asep Iwan said...
    Salam kenal Dik... Share pengalaman yang sangat bermanfaat.. Dari sahabat Mu
    진요셉 said...
    sini saya kenalin Korean girl.... wkwkwk...
    진요셉 said...
    kapanㅡkapan kalo saya main ke Singapore, free tour guide ya Kae....
    Della Mayangsari said...
    fun :)
    Septian Maulana said...
    Info Lengkap Perumahan Metland, perumahan masa depan

    https://www.google.co.id/search?q=Metland+Rumah+Idaman+Investasi+Masa+Depan&rlz=1C1CHWL_idID605ID605&oq=Metland+Rumah+Idaman+Investasi+Masa+Depan&aqs=chrome..69i57j69i59l2j69i60.40434248j0j0&sourceid=chrome&es_sm=122&ie=UTF-8#q=Metland+Rumah+Idaman+Investasi+Masa+Depan+on+materi+it

    numpang promo gan ane lagi ikutan kontes seo nh :)
    Ronauli Silva Natalensis said...
    Mas Kaesang, keep posting ya , lucu2 postingannya wkwk :D
    oline said...
    Kocak banget, mas Kaesang.
    Baca postingannya senyum-senyum n ngakak sendiri.
    Sumpah, seneng n bangga baca ternyata kamu dan sekeluarga 'just like ordinary family"
    Bukan di menara gading atau di langit sana :)
    Sukses selalu ya, tetap menulis and be yourself.
    Tamara Yanli said...
    read back bang.. tamarayanli.blogspot.com
    Rini Suryadi said...
    Lucu jg sih bc tulisan kamu... tp tlg dijaga jg yah kata2 nya.. jgn smp malah jd senjata org2 yg antipati sm bapake utk ngejatohin beliau..
    keep on polite writing yah mas Kaesang ;)
    Jung Wi said...
    bhahahaha postingannya kocak...
    abu dirhamsyah said...
    kalo dinegera orang memang harus extra hati2 soal makanan ya , btw main kesini ya Traveling Guide
    Mi_chan said...
    Sekeluarga lucu - lucu yo mas :D
    Gak Bapak, gak anak, kok bisa bikin orang hepi liat gaya nya :D
    hahahahaha
    Wahyudi Felim said...
    mas.. pernah nanyain kisa cinta ayahmu? haha
    muhammadbakri said...
    Buahahahaha...lucu banget celotehan mas Kaesang ini. Mantap..Keep writing
    kristianana said...
    Mas Kaesang mungkin bisa bantuin orang-orang galau di Legatalk. Kasian deh mereka butuh bantuan, dikomen, minimal temenlah buat galau, kan mas Kaesang udah expert galaunya, dan mas Kaesang juga bakal dapet partner galau. Ohiya, Legatalk juga anonim kok, jadi ga bakal ada yang kenal sama mas Kaesang. :)
    resti meisya said...
    post lo bisa buat gue ketawa sendiri haha
    Radiansyah Ian said...
    pengen ke singapur
    tapi kapan ya heheheheheh ma kasih infonya OUTBOUND
    Yuana Yu said...
    Kocak banget.... Bikin ngakak terus nich
    Miichaell Andre Steven said...
    lulus kuliah jadi pelawak mas
    Yulyany Chan said...
    Lucu bnget kak gak garing ..
    me said...
    Hampir semua tulisan di blog ini udah gue baca dan gue msh blom percaya kalo yang nulis ini salah satu anak presiden RI sekarang yang masih jomblo.. hahaha...

    Tapi, tenang aja.. gua juga msh jomblo kok di umur 25 tahun, hhuhuhuhu...

    Tetep menulis yaa bro, kisah hidup loe bs memberikan warna dan inspirasi untuk para pembaca., Dengan gaya bahasa yang natural, gua lebih seneng baca tulisan loe dibanding nonton tayangan tivi yang asal-asalan produksi...

    Ditunggu postingan selanjutnya dan salam kenal :)

Post a Comment



Blogger Template by Blogcrowds